Senin, 05 Mei 2014

Keindahan Bawah Laut Indonesia

Sekitar tiga minggu yang lalu ada liputan di salah satu acara Metro TV (mungkin VoA,red.) mengenai acara Pameran Bawah Laut Indonesia yang berlangsung di Amerika. Pameran yang menjadi salah satu media promosi untuk mengunjungi Indonesia ini ternyata dihadiri oleh banyak sekali pengunjung. Ternyata hampir seluruh pengunjung yang di wawancara telah mengetahui negara kita, Indonesia. Tapi bukan itu yang mengejutkan.

Di saat sang reporter merasa tidak yakin akan apa yang dikenal dari Indonesia, ternyata ada seorang pengunjung yang merupakan pecinta diving/ menyelam menyatakan kekagumannya akan keindahan bawah laut Indonesia. Bahkan disebutkan bahwa para pecinta fotografi dan diving pasti tahu betapa indahnya bawah laut Indonesia.

"Lihat saja foto-foto underwater pada National Geographic tahun-tahun terkini, jika Anda mengecek di mana foto tersebut diambil, maka Anda akan melihat bahwa sebagian besar foto indah itu diambil di perairan Indonesia."

Gw memang bukan pecinta diving, berenang aja sampe sekarang masih belajar. Gw juga bukan pembaca setia National Geographic, jadi gw mutusin buat cek sendiri lewat internet. Percaya ga percaya, di Gallery Foto National Geographic bagian Underwater ada dua album khusus berjudul "Indonesia's Sea Life" dan "Indonesia Undersea".

Kayanya semakin ga ada alasan bagi kita untuk meragukan negara kita, bangsa kita, kita. :)
posted by: Manggala


MISTERI CANDI BAWAH LAUT


foto candi bawah air yang disebut berada di Selat Bali

  • Sepanjang hari ini muncul heboh penemuan candi bawah laut yang disebut-sebut berada di antara Laut Jawa dan Bali. Bahkan, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berjanji menurunkan tim untuk mengecek benar-tidaknya kabar tersebut meski sempat meragukan kebenarannya.
Namun, misteri candi bawah laut tersebut kini telah terpecahkan. Candi tersebut memang benar ada, tepatnya di daerah Pemuteran, perairan Bali utara. Namun, candi tersebut bukanlah peninggalan arkeologis melainkan candi buatan yang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang.
Hal tersebut dikatakan Paul M Turley, pemilik Sea Rover Dive Center yang mengambil foto-foto kontroversial tersebut, seperti dilansir situs the Jakarta Globe. Candi buatan yang diberi nama Taman Pura itu dibangun mulai tahun 2005 pada kedalaman 15-29 meter.
Kawasan tersebut merupakan bagian dari proyek konservasi terumbu karang Reef Gardiners yang mendapat dukungan dana dari Australian Agency for International Development (AusAid). Di sana terdapat 10 patung dan sebuah struktur candi yang kini sudah diselimuti karang.
 Posted by:google.com



Gelembung keluar dari celah-celah batuan di kawah Banua Wuhu, gunung bawah laut yang berada hanya 300 meter dari sisi barat daya Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

 Gunung api di bawah laut hanya ada lima di Indonesia. Sementara ini aktivitas vulkaniknya tidak berbahaya.
Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, hanya ada lima gunung api bawah laut di Indonesia. Di perairan Sulawesi Utara ada Gunung Sub Marine yang meletus tahun 1922 dan Banuawalu (1919). Selain itu, di perairan Banda ada Niuwewerker (1927) dan Emperor of China. Gunung api di bawah laut lainnya adalah Hobal (1999) di perairan Nusa Tenggara Timur.
"Aktivitas mereka sejauh ini tidak berbahaya. Bila sedang aktif biasanya hanya menimbulkan buih air berasap," katanya di Bandung, Sabtu (30/5).
Menanggapi klaim penemuan gunung api berukuran besar di bawah laut dekat perairan Mentawai, Surono mengatakan, kemungkinan itu bisa saja terjadi. Namun, ia menegaskan, gunung itu belum menjadi bagian dari 129 gunung api Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar